Cara Membuat Roti Maryam Dengan Topping Pizza Lezat

Terdapat banyak cara membuat roti maryam yang dapat dipadupadankan menjadi hidangan yang lezat. Roti Maryam sendiri memiliki beberapa sebutan nama, antara lain di Aceh dikenal dengan roti canai dan di malaysia dikenal dengan roti Prata. Roti maryam merupakan hidangan khas timur tengah dimana biasanya dalam sajiannya ditemani dengan gulai kambing atau kari kambing. Di Indonesia, roti maryam selain dimakan dengan kari ayam, biasanya juga banyak disukai dengan diolesi madu, gula bubuk, susu, sirup, bahkan juga dikombinasikan dengan topping pizza.


Saat ini roti maryam selain dijual di restoran-restoran juga tersedia dalam bentuk makanan siap saji atau masih bentuk makanan beku setengah matang. Cara membuat roti maryam dengan topping pizza ini tidaklah sulit karena bahan-bahan untuk membuat topping ini sudah sangat mudah ditemukan di swalayan. Namun untuk membuat roti maryam yang empuk dan lezat tentu memerlukan tips khusus terutama dalam pembuatan adonan.Penasaran bagaimana cara buat roti maryam dengan topping pizza kali ini kami akan membagikan caranya dan bisa langsung anda praktekkan.

Bahan Adonan Roti Maryam

  • 300 gram tepung terigu protein tinggi
  • 1 butir telur ayam
  • 125 ml air
  • 75 gram mentega
  • 1/2 sdt garam

Bahan Topping Pizza

  • 1/2 buah paprika hijau, potong dadu kecil
  • 4 buah sosis sapi, belah jadi dua bagian dan iris tipis
  • 25 gram oregano kering
  • 1/2 buah bawang bombay, iris bulat tipis
  • 150 gram keju mozzarella, parut
  • 100 ml saus tomat

Cara Membuat Roti Maryam Dengan Topping Pizza


  1. Kocoklah telur sampai rata, masukkan tepung terigu dan garam sedikit demi sedikit sambil aduk sampai rata.
  2. Tuangkan air sedikit demi sedikit ke dalam adonan hingga menjadi kalis.
  3. Bagi adonan hinggan berat masing-masing 50 gram, gilas tipis-tips adonan dan oles permukaan adonan dengan mentega.
  4. Gulung kedua sisi adonan sampai berbentuk bulat panjang, gulung kembali adonan hingga berbentuk melingkar.
  5. Masukkan adonan ke kulkas kurang lebih 15 menit, lalu keluarkan, dan pipihkan adonan hingga ketebalannya sesuai selera.
  6. Panggang roti maryam di atas pan dadar anti lengket, tips gunakanlah api kecil, balik sesekali sampai kecoklatan lalu angkat.
  7. Oles permukaan roti maryam dengan saus tomat, taburi dengan oregano, sosis sapi, bawang bombay, paprika hijau, dan keju mozzarella parut.
  8. Panggang lagi adonan roti dalam pan dengan menggunakan api kecil, tutup wajan dan masak kurang lebih 5-10 menit hingga matang dan keju meleleh.
  9. Angkat, roti Maryam dengan Topping Pizza siap disantap.
Itu tadi resep roti maryam dengan topping pizza, bisa kalian praktekan sendiri dirumah. Kue roti maryam bisa kalian hidangkan untuk keluarga tercinta, sehat dan enak.