Cara Membuat Wedang Bandrek Jahe yang Hangat dan Nikmat

Cara membuat wedang bandrek - Di Indonesia memang hanya memiliki dua musim saja, musing kemarau dan musim hujan. Disaat musim hujan pasti akan terasa dingin atau bisa jadi menjadi dingin sekali, pasti inginnya minum atau menyantap yang hangat dan segar ya. Di resep kali ini Saya akan membagikan resep yang bisa jadi rekomendasi saat musim hujan. Wedang bandrek, siapa sih yang tidak tahu wedang bandrek. Hampir semua orang pasti sudah tidak asing lagi dengan wedang bandrek, ya minuman jahe yang bisa menghangatkan badan saat musim dingin.

Wedang Bandrek

Wedang bandrek sendiri berasal dari daerah Jawa Barat. Minuman ini bisa dibilang sebagai minuman tradisional karena minuman ini sejak jaman dahulu sudah tercipta dan sudah ada. Lalu bagaimana sih cara membuat wedang bandrek ini? Langsung saja disimak bahan-bahan yang perlu disiapkan dan cara membuat wedang bandrek ini.

 Bahan-bahan wedang bandrek :

  • 100 gr Jahe emprit (digeprek)
  • ½ sdt garam
  • 500 ml air putih (atau sesuai selera)
  • 2 lembar daun pandan
  • 5 cm kayu manis
  • 1 sdt cengkeh
  • 200 gr gula merah atau gula aren (sisir halus)

Baca Juga :

Cara membuat wedang bandrek :

  1. Yang pertama, rebus air dengan ditambahkan jahe, daun pandan, gula aren, dan kayu manis dan aduk hingga mendidih.
  2.  Yang kedua, masukkan cengkeh dan garam kedalam air rebusan jahe. Rebus sebentar saja sambil tetap diaduk.
  3. Yang ketiga, setelah wedang bandrek beraroma harum yang khas, angkat lalu saring diatas gelas sedikit demi sedikit.
  4. Yang terakhir, hidangkan wedang bandrek selagi hangat. Wedang bandrek bisa juga dihidangkan dengan aneka camilan lain.

Mudah dan simpel sekali kan cara membuat wedang bandrek ini? Bagi pemula pasti akan terasa sangat gampang untuk membuat wedang bandrek ini. Jangan lupa baca juga aneka resep minuman laiinya disini ya. Terimakasih sudah berkunjung dan sampai jumpa diartikel saya berikutnya.