Resep Cara Membuat Tape Ketan Hijau Enak dan Manis

Tape Ketan. Kalau biasanya tape ketan banyak disajikan pada saat lebaran saja, kali ini Saya akan membahas bagaimana sih caranya membuat tape ketan? Makanan yang terbuat dari beras ketan memang sukses menjadi makanan yang enak dan lezat dengan apapun olahannya.

Tape masuk dalam kategori makanan basah yang terbuat dari beras ataupun singkong melalui proses fermentasi dengan menggunakan ragi. Tapi diartikel ini Saya akan membahas tentang cara membuat tapi ketan yang enak, kenapa tapi ketan? Karena tape singkong hampir semua orang sudah mengenal dan pasti sudah tahu cara membuatnya.


Resep Tape Ketan

Perlu diketahui rasa manis tape ketan bukan karena gula tapi dari glukosa yang terkandung dalam beras ketan itu sendiri, Sungguh suatu ciptaan yang luar biasa dari nenek moyang kita sehingga kita sekarang bisa menikmatinya.

Untuk warna tape ketan nantinya bisa disesuaikan dengan selera Anda, bisa menggunakan warna merah, hijau atau polos tanpa warna seperti ketan pada umumnya. Meski tidak mempengaruhi terhadap rasa ketannya, namun warna bepengaruh terhadap selera utuk memakan atau orang untuk menikmatinya. Saya memilih warna hijau untuk warna tapenya, karena akan terlihat lebih segar dan menarik. Langsung saja yuk membuat tape ketan, berikut dibawah ini bahan-bahannya.

Bahan-bahan membuat tape ketan :

  • 500 gram beras ketan yang sudah dicuci bersih
  • 3 butir ragi tape
  • 5 sendok makan gula pasir
  • 2 sendok makan pasta pandan (untuk warna bisa sesuai selera)
  • 1 liter air bersih (untuk merendam beras ketan)
  • 400 ml air


Baca Juga : 


Cara Membuat Tape Ketan :

  • Langkah yang pertama, rendam beras ketan dalam 1 liter air dan 2 sendok makan pasta pandan semalaman. Lalu tiriskan dan kukus sampai agak matang.
  • Langkah yang kedua, didihkan 400 ml air, lalu siram-siram kedalam ketan kukus yang masih panas,. Aduk-aduk sampai rata. Kukus lagi kurang lebih 15-20 menit, angkat dan dinginkan sampai benar-benar dingin.
  • Langkah yang ketiga, haluskan 3 butir ragi tapenya.
  • Langkah yang keempat, susun ketan hijau dalam wadah (untuk wadah bisa menggunakan wadah apa saja yang penting terbebas dari minyak) lalu taburi ragi tipis-tipis dan taburi lagi dengan gula pasir. Jika sudah, timpa adonan ketan yang sudah ditaburi ragi dengan ketan, lalu taburi gula dan ragi kembali. Lakukan sampai adonan ketannya habis, lalu tutup rapat dan biarkan kurang lebih selama 3 harian.
  • Tape ketan siap dinikmati. Jika ingin lebih nikmat penyajiannya bisa dikasih es.

Catatan :
  1. Jika penggunaan ragi terlalu banyak akan menyebabkan rasa tapenya pengar.
  2. Penggunaan ragi juga harus memperhatikan dengan jumlah ketannya. 
  3. Jenis ragi yang digunakan juga akan sangat berpengaruh terhadap rasa ketannya. Untuk itu usahakan gunakan ragi kualitas bagus.
  4. Biasanya proses fermentasi membutuhkan waktu kurang lebih 2 sampai 3 harian.

Itulah sedikit tips dari Saya supaya hasil tape ketan yang sobat dapatkan menjadi sempurna. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya. Baca Juga aneka resep kue lainnya disini. Sampai jumpa diartikel berikutnya.